Elektronik Otomotif Cerdas Dan Aman

| |

 

Katalog Elektronik – Kita hidup di era informasi dan teknologi yang membuat segala sesuatu di sekitar kita lebih pintar. Komponen elektronik dan digital telah membuat hidup lebih mudah di rumah, kantor, dan mobil kita.

Beberapa lonceng dan peluit kehidupan, seperti pemangkas bulu hidung, tidak lebih dari alat yang merampas anggaran. Namun ada banyak alat cerdas yang dapat memberikan kenyamanan dan keamanan pada tugas sehari-hari kita.

Dalam dunia teknologi “pintar” yang luas, pasar elektronik otomotif adalah rajanya. Fitur yang sangat diperlukan seperti sistem pengereman anti-lock dan kontrol stabilitas elektronik adalah contoh sempurna dari elektronik otomotif yang cerdas dan aman.

Perkembangan terkini oleh para ahli industri telah menciptakan peningkatan besar dalam jumlah perangkat elektronik yang dipasang di pabrik otomotif. Sekadar memberi Anda gambaran tentang seberapa cepat mobil berevolusi secara elektronik, pesawat luar angkasa Apollo 11 melakukan perjalanan ke bulan dan kembali menggunakan hanya 150 kilobyte memori onboard. Sungguh luar biasa untuk berpikir bahwa pemutar CD biasa menggunakan 500 kilobyte kekalahan hanya untuk menjaga agar lagu favorit kami tidak terlewat. Mendengarkan musik tanpa gangguan hanyalah sebagian kecil dari bagaimana elektronik telah memengaruhi kinerja mobil untuk memberi manfaat bagi pengemudi.

Telematika adalah istilah yang digunakan untuk teknologi yang melibatkan sistem komunikasi mobil. Istilah ini awalnya digunakan untuk menggambarkan perpaduan antara telekomunikasi dan informatika atau teknologi informasi. Industri ini semakin mendapat perhatian dari produsen mobil selama beberapa tahun terakhir. Pada pertengahan 1990-an, orang dalam industri meramalkan bahwa telematika akan menjadi “teknologi andalan”; meningkatkan penjualan secara keseluruhan dan yang lebih penting, mengubah industri otomotif menjadi pemain utama dalam teknologi seluler. Pada kenyataannya, prakiraan ini ternyata kurang dari yang diperkirakan. Dari proyeksi industri awal yang mencapai lebih dari $ 40 miliar dolar, angka tersebut telah dikurangi menjadi setengahnya karena tindakan yang lebih konservatif telah dipertimbangkan.

Meski demikian, hal itu sama sekali bukan indikasi bahwa perkembangan teknologi telematika ini sudah atau akan ditinggalkan. Faktanya, rata-rata pabrikan mobil membelanjakan $ 2000 untuk sistem elektronik untuk setiap kendaraan yang keluar dari jalur – peningkatan yang luar biasa dari anggaran $ 110 per mobil pada awal tahun 1970-an. Peningkatan pengeluaran yang besar ini tercermin dalam segala hal mulai dari performa mesin hingga sistem hiburan, fitur keamanan hingga perangkat keselamatan. Setiap komponen kendaraan bekerja sama untuk menghasilkan mobil yang berperforma lebih baik, lebih nyaman, dan pada akhirnya lebih aman untuk dikendarai.

Beberapa elektronik otomotif cerdas dan aman yang paling umum adalah sebagai berikut:

Jaringan Area Pengontrol

Lebih dari satu komputer menjalankan mobil Anda. Sebenarnya ada jaringan komputer yang disebut Controller Area Network (CAN). Seperti LAN (Local Area Network) yang biasa digunakan di komputer rumah dan bisnis, CAN menghubungkan komputer bersama. Di dalam kendaraan Anda, pada dasarnya CAN menghubungkan banyak sistem komputer terpisah dan memungkinkan mereka berkomunikasi satu sama lain. Sistem yang saling berhubungan ini melibatkan segala hal mulai dari sistem penting seperti manajemen mesin, cruise control dan rem anti-lock dan cruise control, hingga aplikasi yang tidak terlalu menuntut seperti jendela otomatis dan kontrol kursi.

Efisiensi bahan bakar

Melonjaknya harga bahan bakar memaksa produsen otomotif menyadari kebutuhan kendaraan hemat bahan bakar, dan untuk memenuhi permintaan tersebut. Elektronik otomotif pintar digunakan untuk menciptakan pembakaran bahan bakar yang lebih efisien, seperti sistem injeksi bahan bakar elektronik (EFI). Teknologi yang digunakan pada kendaraan hibrida mengambil satu langkah lebih jauh, dengan perangkat elektronik yang memungkinkan pengemudi untuk secara otomatis beralih antara mesin gas dan listrik.

Perangkat Keamanan

Umumnya ada dua kategori perangkat yang dirancang untuk melindungi keselamatan pengemudi dan penumpang: perangkat keselamatan aktif dan pasif.

* Perangkat keselamatan aktif: Ini adalah sistem yang terus bekerja untuk memastikan keselamatan pengemudi dan penumpang. Contoh perangkat keselamatan aktif adalah respon kemudi dinamis (DSR), kontrol traksi (TCS), dan regulasi slip akselerasi (ASR). Meskipun pengemudi rata-rata mungkin tidak memperhatikan sistem ini di tempat kerja, mereka terus-menerus merasakan kondisi jalan dan mengemudi dan menyesuaikan kinerja mobil untuk menciptakan pengendaraan yang lebih aman. Electronic Stability Control telah dibuktikan oleh para peneliti memiliki manfaat keamanan yang besar dalam mengurangi selip satu kendaraan.

* Perangkat keamanan pasif: Meskipun fitur ini mungkin lebih terlihat dan tampak lebih sederhana, fitur ini juga dikontrol oleh elektronik otomotif yang cerdas dan aman. Berkat perkembangan elektronik dan teknologi, penyebaran kantong udara telah mengalami peningkatan yang luar biasa selama bertahun-tahun. Kantung udara awal akan dipasang terlalu dini atau terlambat, menawarkan sedikit atau tidak ada manfaat bagi pengemudi dan penumpang. Sekarang, sistem yang lebih canggih telah menciptakan perangkat di mobil Anda yang benar-benar diprogram ke kondisi tersebuttions yang dapat menyebabkan dampak tabrakan tinggi. Sistem penyesuaian kantong udara dan tempat duduk digunakan untuk meminimalkan benturan dan mengurangi tingkat cedera orang-orang di dalam kendaraan.

Pikirkan kemajuan hanya dalam satu dekade, dan Anda akan setuju bahwa mobil masa kini sangat jauh dari pendahulunya. Mobil modern menawarkan lebih dari sekadar sarana untuk pergi dari titik A ke titik B. Elektronik otomotif yang cerdas dan aman membuat “sampai di sana” senyaman dan seaman mungkin.

Previous

Inilah Pentingnya Eksistensi Kontraktor Mekanikal

Leave a Comment